Sunday, July 13, 2014

Instalasi Laravel di Windows

Mungkin kalian pernah mendengar framework ini dan framework itu. Dan mungkin juga ada diantara kalian yang pernah mendengar framework laravel. Ya... Laravel sebuah framework baru yang muncul sekitar tahun 2012 yang dibuat oleh Taylor Otwell dengan mengusung ideologi “clean code” dan “expressiveness”. Framework ini mengaku “clean and classy”, kodenya lebih singkat, mudah dimengerti, dan ekspressif, jadi hanya dengan membaca sekilas kode yang ditulis Anda sudah bisa menduga apa maksudnya tanpa perlu membaca dokumentasi.

Tidak seperti framework PHP kebanyakan, dimana Anda bisa download satu set folder, taruh di web server, dan aplikasi siap dijalankan, Laravel sedikit berbeda dalam hal instalasi. Laravel memiliki dependensi (ketergantungan) terhadap beberapa library PHP lainnya, dimana library tersebut tidak disertakan dalam source laravel yang tersedia untuk didownload. Oleh karena itu Anda haru mendownload library yang dibutuhkan tersebut secara terpisah. Merepotkan? hmm.. tidak juga... 

Untuk dapat menjalankan Laravel maka ada beberapa persyaratan hardware maupun software sebagai berikut :
  1. Komputer / Laptop
  2. IDE (Integrated Development Environment)
  3. Webserver
  4. PHP versi >= 5.3
  5. Composer
Untuk memenuhi persyaratan tersebut anda dapat menggunakan sebuah software yang sudah membundle PHP, Apache, MySQL dll yaitu xampp versi terbaru (saat ini adalah versi 1.8.3). Adapun untuk keperluan kita menginstall Laravel 4 dan library-library lain yang kita butuhkan anda harus mengunduh dan menginstall Composer terlebih dahulu.

Setelah semuanya siap dan aplikasi yang dibutuhkan sudah terinstall semua, lakukan langkah-langkah dibawah ini untuk menginstall Laravel 4 di Windows:
  1. Buka http://laravel.com
  2. Klik pada menu “Github
  3. Anda akan diarahkan ke halaman github laravel
  4. Klik tombol “Download ZIP” disamping kanan
  5. Extract file “laravel-master.zip“ yang tadi anda unduh
  6. Rename folder “laravel-master” menjadi “laravel” (tanpa tanda kutip)
  7. Pindahkan ke direktori htdocs anda (misal C:\xampp\htdocs)
  8. Buka command prompt windows
  9. Arahkan ke direktori laravel dengan perintah “cd c:\xampp\htdocs\laravel
  10. Ketikkan perintah berikut pada command prompt “composer install
  11. Tunggu hingga proses installasi selesai
Berikut ini merupakan screenshot saat proses installasi Laravel 4 :



Jika proses installasi selesai sekarang coba anda ketikkan http://localhost/laravel/public/ pada URL web browser anda maka akan tampil halaman seperti berikut ini yang menunjukkan Laravel 4 berhasil diinstall di komputer anda:







2 comments:

Yusrizal Ihya said...

Wah cara nginstallnya pake composer, mirip2 symfony ya.

Rhoalq said...

iya.. dia ada gabungan symfonynya juga

Post a Comment

 
;